Wednesday, 2 October 2013

KELEBIHAN POWER BANK VIVIS MENGGUNKAN BATERI LITHIUM POLYMER

KELEBIHAN BATERI LITIUM POLIMER

Bateri Lithium Polimer atau biasa disebut dngan LiPo merupakan salah satu jenis bateri yang sering digunakan dalam dunia RC. Utamanya untuk RC tipe pesawat dan helikopter.

Ada tiga kelebihan utama yang ditawarkan oleh bateri berjenis LiPo ketimbang bateri jenis lain seperti NiCad atau NiMH IAITU:

-Bateri LiPo memiliki bobot yang ringan dan tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran
-Bateri LiPo memiliki kapasitas penyimpanan energi listrik yang besar
-Bateri LiPo memiliki tingkat discharge rate energi yang tinggi, dimana hal ini sangat berguna sekali dalam bidang RCSelain keuntungan yang dimilikinya, baterai jenis ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu
-Harga bateri LiPo masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan baterai jenis NiCad dan NiMH
-Performa yang tinggi dari bateri LiPo harus dibayar dengan umur yang lebih pendek. Usia baterai LiPo sekitar 300-400 kali siklus pengisian ulang. Sesuai dengan perlakuan yang diberikan pada beterai.
-Alasan Bateri LiPo menggunakan bahan elektrolit yang mudah terbakar.
-Baterai LiPo membutuhkan penanganan khusus agar dapat bertahan lama. Charging, Discharging, maupuan penyimpanan dapat mempengaruhi usia dari bateri jenis ini



-JANGKA HAYAT BATERI LI PO SELAMA 3 TAHUN BERBANDING BATERI LAIN.

Perbedaan antara bateri Lithium Ion (Li-Ion) dan Lithium Polymer (LiPo)

Dunia RC sekarang ini telah banyak didominasi oleh baterai jenis LiPo ketimbang Li-Ion. Kedua bateri ini pada dasarnya dibuat menggunakan bahan kimia yang sama dan membutuhkan perhatian yang sama. Perbedaannya adalah pada pemaketan sel (cell) dan tipe elektronik yang digunakan.

Li-Ion Bateri ini menggunakan cairan organik sebagai elektrolit. Elektrolit ini bertanggung jawab terhadap pertukaran ion antar elektroda (anoda dan katoda) sama seprti yang berlaku pada baterai biasa. Pelarut organik ini bersifat sangat mudah terbakar dan alasan mengapa baterai jenis ini sangat sensitif adalah karena selain dapat terbakar baterai ini juga dapat meledak jika tidak diperlakukan secara benar. Bateri Li-Ion biasanya dibungkus oleh metal yang keras (sekali lagi sama seperti bateri biasa) yang mengakibatkan bertambahnya bobot dan hanya tersedia dalam bentuk yang terbatas.


2. LiPo
Bateri LiPo tidak menggunakan cairan sebagai elektrolit melainkan menggunakan elektrolit polimer kering yang berbentuk seperti lapisan plastik film tipis. Lapisan film ini disusun berlapis-lapis diantara anoda dan katoda yang mengakibatkan pertukaran ion. Dengan metode ini bateri LiPo dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Diluar dari kelebihan arsitektur baterai LiPo, terdapat juga kekurangan yaitu lemahnya aliran pertukaran ion yang terjadi melalui elektrolit polimer kering. Hal ini menyebabkan penurunan pada charging dan discharging rate. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan memanaskan baterai sehingga menyebabkan pertukaran ion menjadi lebih cepat, namun metode ini dianggap tidak dapat untuk diaplikasikan pada keadaan sehari-hari. Seandainya para ilmuwan dapat memecahkan masalah ini maka risiko keamanan pada batera jenis lithium akan sangat berkurang.

3. LiPo Hybrids Boleh dibilang hampir semua bateri jenis LiPo yang beredar diluar sekarang ini (january, 2011) sebenarnya adalah jenis Hybrid Lithium Polymer. Nama yang biasa digunakan untuk baterai ini adalah Lithium-ion Polymer, namun dunia lebih sering menyebutnya dengan LithiumPolymer saja. Padahal beteri jenis ini tidak sepenuhnya menggunakan elektrolit kering seperti yang telah dijelaskan diatas. Dengan menggunakan elektrolit tipe gel terhadap polimer, pertukaran ion yang terjadi meningkat pesat. Elektrolit gel menyebabkan berkurangnya tingkat kebocoran, namun tetap masih mudah terbakar. Bateri jenis itu tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion, namun tetap apabila tidak diperlakukan dengan benar seperti terbakar api, overcharge, korslet, dll baterai ini masih dapat memicu ledakan.


soalan 

berapa lamakah jangka hayat bateri power bank vivis menggunakan bateri lithium polymer?


jawapan

jangka hayat bateri lithium polymer adalah tidak kurang 3 tahun .

info yang boleh dipercayai  BATERI LITHIUM POLYMER
17000mah power bank vivis





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...